Meningkatkan hasil UTS dan Try Out

Kurang lebih seminggu lagi, adik-adik kita yang masih duduk di bangku sekolah akan mengadakan Ujian Tengah Semester, yang biasanya didahului dengan Try Out. Try out haruslah dikerjakan dengan serius dan jujur, sehingga sesuai dengan tujuan awalnya yaitu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam menghadapi ujian yang sesungguhnya, yang dalam waktu dekat ini adalah Ujian Tengah Semester (UTS). Ada beberapa strategi belajar yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pencapaian hasil UTS dan Try Out ini.

strategi belajar

Strategi pertama yaitu penguatan pemahaman konsep dasar dan aplikasinya dengan review berkala. Terkadang, siswa sudah jauh melangkah dalam satu bab tertentu, bahkan dia bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan. Namun terkadang, siswa itu tidak memahami konsep dasarnya, konsep awal mengapa materi itu ada dan darimana persoalan akan timbul. Tentu hal ini tidak akan optimal, karena dalam jangka waktu tertentu, apalagi setelah datang bab yang baru, maka dia akan dengan cepat melupakan bab yang lama. Maka dari itu, tanamkan pemahaman terhadap konsep dasar serta pelu dilakukan review secara berkala untuk menguji pemahaman konsep dasar tersebut.

Strategi yang kedua adalah peningkatan ketelitian dan mengurangi kesalahan interpretasi. Fokus terhadap apa yang disampaikan guru adalah hal yang sangat penting, karena ini berkenaan dengan penyerapan materi oleh siswa, sehingga tepat seperti yang dimaksudkan pengajar. Kesalahan interpretasi jelas akan menanamkan kesalahan konsep pada siswa. Ketelitian juga wajib ditingkatkan, karena kecerobohan adalah faktor yang bisa terjadi pada orang yang sebenarnya paham konsep, tapi kemudian membuat jawaban atas soal menjadi salah.

Strategi yang ketiga adalah belajar mendahului yang sedang berjalan dan mengulang yang sudah terlampaui. Ini adalah strategi yang akan membuat pemahaman materi menjadi utuh. Pengulangan akan membuat konsep yang tertanam semakin baik, dan belajar mendahului yang sedang berjalan akan menjadi stimulan yang baik untuk lebih menancapkan konsep di dalam pikiran siswa.

Comments are closed.