Adaptasi dan Peningkatan Kepercayaan Diri

Secara istilah, adaptasi berarti penyesuaian. Lantas apa hubungan antara adaptasi dan peningkatan kepercayaan diri? Faktanya, penyesuaian kemampuan diri dalam menjalani proses pendidikan akan meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini berlaku untuk pendidik (guru) dan peserta didik (siswa).

Sebagai barisan terdepan, pendidik perlu untuk terus meningkatkan kualitas diri dalam kemampuan mengajar dan mendalami psikologi siswa. Sehingga pada waktunya akan terjadi proses induksi terhadap siswa. Siswa perlu dibangkitkan kepercayaan dirinya dengan pembenahan kemampuan-kemampuan dasarnya.

Adaptasi dan Peningkatan Kepercayaan Diri

Sering kita temukan siswa phobia terhadap pelajaran-pelajaran tertentu, terutama pelajaran exact, seperti Matematika, Fisika dan Kimia, atau pelajaran lainnya. Phobia terhadap pelajaran tertentu akan merasa dirinya tidak akan pernah bisa, dan ini jelas perlu dibantu oleh pendidik khususnya untuk secara bertahap dihilangkan.

Parameter dari keberhasilan seorang pendidik yaitu saat siswanya meningkat kepercayaan dirinya dan mampu mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, dan pada akhirnya prestasi-prestasi yang dicapai siswa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi seorang pendidik.

Comments are closed.